Selasa, 17 September 2013

Apa kata KBBI tentang Batak

Demikian kata ‘batak’ dan definisi(penjelasan/arti) menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI)(<--sebelumnya ). 

1.     Dari sofware KBBI Offline 1. 5 dengan link downloadnya: http://kbbi-offline.googlecode.com/files/kbbi-offline-1.5.exe


Dalam pencarian kata ‘batak’, maka ada beberapa kata yang muncul dan setelah diseleksi secara teliti berulang-ulang, ditemukan beberapa kata yang berkaitan dengan ‘batak’ (dengan merujuk kepada suku/etnis, budaya, daerah, kesenian; Karo, Toba, Mandailing, Angkola, Pakpak/Dairi, Simalungun/Timur, Alas, Gayo, Nias). Namun, dari pengamatan, kata ‘batak’ sesuai dengan kriteria seleksi diatas, mayoritas berkaitan dengan Toba,  Simalungun, dan Karo(?). Yang menarik, ada muncul kata ‘batak’ yang diikuti nama suku, yakni: 1). “Batak” Simalungun, dan 2). Batak Toba. Memang ada juga beberapa kata yang muncul yang sesungguhnya lebih kepada tradisi di Karo, yakni: bangsa taneh, moderamen, turi-turi[-n], akan tetapi dalam penjelasannya sedikitpun tidak bermaksud merujuk ke “karo(suku/daerah)”, namun ke “batak” (umum), karena memang ‘batak’ dan segala yang identik dengan kebatakan itu hanya diperoleh di Toba dan Simalungun. Sehingga, jelas dan dapat disimpulkan, bahwa Batak = Toba dan Simalungun(?). Kemudian, yang menarik pada kata moderamen. Yang saya tahu, kata ‘moderamen’ dipakai oleh Gereja Batak Karo Protestan(GBKP) yang mayoritas dihuni dari etnis Karo, cuma, yang menarik dalam penjelasannya(arti/definisi) dikatakan: “ mo – de – ra – men  / moderamén/ n pemimpin tertinggi: -- Gereja Batak Protestan” GB(- tanpa “K”)P. Disini ditulis Gereja Batak Protestan tanpa ada kata ‘Karo’(?). 
Dengan kata kunci "batak"
Dengan kata kunci "batak"

1.     KBBI dalam jaringan(daring/online)

Kita coba membandingkan hasil dari pencarian di KBBI dalam jaringan(daring/online)

a. Dari: http://kbbi.web.id

dengan kata kunci "batak"
dengan kata kunci "batak"
b. Dari: http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

dengan kaka kunci "batak"
dengan kaka kunci "batak"

Dari penelusuran pada KBBI, maka dapat kita lihat 'batak' = Toba dan Simalungun.  Jika merujuk dari KBBI, maka Karo tidak memiliki keterkaitan yang memadai untuk dikategorikan sebagai sub-batak, karena berbeda dan berdiri sendiri. Dan, jika ditelusuri di versi online dan versi cetak, maka kata 'batak' tidak merujuk kepada suku/etnis, tetapi lebih kepada penglebelan kepada kelompok-kelompok tertentu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar